• MTS NEGERI 6 SRAGEN
  • Unggul dalam prestasi, berperilaku mulia dan berwawasan lingkungan

Profil

SEJARAH BERDIRINYA

Madrasah Tsanawiyah Negeri  Gemolong berdiri pada tahun 1983 dengan status sebagai fillial/cabang dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumber Lawang. Artinya secara administrasi pada waktu itu masih menginduk di MTsN Sumber Lawang. Kemudian pada tanggal 23 Nopember 1995 secara resmi berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Gemolong dengan  status negeri penuh berdasarkan : Keputusan Menteri Agama RI No. 515 A Tahun 1995 Tentang Pembukaan dan Penegerian Beberapa Madrasah.

Dalam perjalanannya, MTsN Gemolong pernah mengalami pasang surut baik secara kuantitas maupun kualitas. MTsN Gemolong pernah meraih  nilai akreditasi  B. Hal ini tentunya belum cukup membuat bangga segenap warga madrasah. Seluruh keluarga besar MTs Negeri Gemolong berusaha agar mampu meraih nilai akreditasi A.

Perkembangan siswa MTsN Gemolong sangat bervariasi. Pernah jumlah  siswa mencapai lima kelas paralel dengan jumlah siswa kurang lebih 400  orang. Namun demikian pernah juga terjadi jumlah siswa menurun drastis  hingga hanya berjumlah 54 orang saja. Secara kualitas lulusan dari MTsN Gemolong telah banyak yang sukses meskipun tidak sedikit juga yang masih belum berhasil.

Sedangkan dalam posisi pimpinan atau kepala madrasah telah terjadi

beberapa kali pergantian yaitu :

1. Bapak H. Ahmadi, B.A.

2. Bapak Purwadi, B.A. (Mengampu)

3. Bapak Drs. H. Muhtar Hayuni, M.Hum.

4. Bapak H. Masduki , dan

5. Bapak Ali Mahfudz, S.Ag, M.Pd.I

6. Bapak Drs. H. Moh. Sumari

7. Bapak Drs. H. Widagdo, M.Pd

8. Bapak Drs. H. Sunarto, M.Pd Sampai sekarang

Sekarang, setelah usianya memasuki 25 tahun MTsN Gemolong berusaha untuk terus meningkatkan kualitasnya dari berbagai sisi. Program-program pembelajaran, pengembangan diri, life skill, peningkatan kualitas  pendidik(guru) maupun kondisi fisik madrasah terus dibenahi guna meraih hasil yang lebih baik.

Dengan usaha yang sungguh-sungguh dari segenap komponen madrasah, kini MTsN Gemolong mulai diperhitungkan kembali oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan diraihnya predikat A dalam akreditasi madrasah yang yang dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2019. Selain itu, jumlah  peserta didik terus bertambah. Pada tahun pelajaan 2021/2022 peserta didik yang diterima mencapai 165 orang sehingga jumlah keseluruhan mencapai angka 378 orang peserta didik lebih dimana pada tahun sebelumnya yaitu tahun pelajaran 2008/2009 jumlah peserta didik baru mencapai kurang lebih 300 orang.

Untuk tenaga pengajar dilakukan penataan ulang dengan menyesuaikan  bidang studinya sehingga diharapkan akan lebih profesional. Siswa banyak diikutkan dalam berbagai macam lomba baik porseni, olimpiade sains, olimpiade mape, pramukal dan lain-lain agar tergali potensi-potensi dari diri siswa yang belum teroptimalkan.

Halaman Lainnya
Visi dan Misi

Unggul dalam prestasi, berperilaku mulia dan berwawasan lingkungan Terbentuknya Kultur Madrasah yang berprestasi dan menjadi pilihan utama dan pertama masyarakat,

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 130 kali